Dari Burung Kicauan,Kini Makin Banyak Kicaumania Beralih ke Ternak Lovebird

Leo Purus. Suscipit dui fusce metus elit. Consequat nostra Natoque litora magna neque risus dapibus ultrices turpis.
Leo Purus. Suscipit dui fusce metus elit. Consequat nostra Natoque litora magna neque risus dapibus ultrices turpis.

Pecinta burung khususnya di Indonesia akhir-akhir ini makin banyak & terus bertambah setiap harinya, hal ini memicu banyak para peternak untuk mengembangbiakannya. Sehingga peluang usaha di bidang peternakan ini pun semakin berkembang, dari ternak burung kicauan seperti (Murai Batu,Cucak Ijo,Kacer,Pleci,Jalak Suren dll) beralih ke ternak burung Lovebird, bahkan sanggup menarik perhatian peternak burung lain untuk beralih membudidayakan burung yang cantik & terkenal dengan ngekek nya ini.

Warna-warna menarik yang di miliki burung love bird dan suara merdu ngekek yang dikeluarkannya menjadi alasan para pemilik untuk menjadikannya peliharaan di rumah. Bahkan selain itu ada juga yang memelihara burung ini karena tertarik dengan kepintaran yang dimiliki burung ini, karena selain mahir berkicau lovebird juga sering dijadikan hewan untuk kontes, sebab memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan tinggi.

Bisnis penjualan lovebird di pasar-pasar burung di berbagai kota juga semakin meningkat, otomatis membuat permintaan kepada para peternak semakin tinggi. Namun karena tingkat kesulitan dalam mengmbangbiakan burung ini termasuk kategori tidak mudah, maka stok pun tidak selalu tersedia dalam jumlah banyak.

Tetapi bagi mereka yang sudah memiliki keahlian usaha berternak lovebird hal ini menjadi peluang tersendiri, sebabnya dengan tidak begitu banyaknya peternak yang berhasil mengmbangbiakan, maka harga jual pun bisa terjaga, tercatat sekarang ini harga lovebird paling murah berkisar 350 ribu hingga untuk jenis-jenis berwarna langka bisa di atas 1 juta rupiah.

Sekilas Tentang Burung Lovebird.

Burung ini aslinya berasal dari negara Afrika, bertahap dan lambat laun mulai banyak peminatnya dari negara-negara di Eropa dan Amerika. Mulailah para peternak mengembangbiakannya di sana hingga sekarang ini hinggap di Indonesia.

Di habitat asalnya burung lovebird ini hidup secara berkelompok 5 hingga 20 ekor, dan di kenal juga dengan jenis burung yang setia dengan pasangannya, sehingga di dalam dunia usaha ternak, burung jenis ini tidak bisa di poligamikan atau satu jantan untuk meladeni beberapa ekor betina. Makanan utama burung ini adalah biji-bijian seperti milet, sayuran berupa jagung,kangkung,tauge dan sebagainya.

Prospek Usaha.

Menjalankan usaha ternak lovebird tentunya bukan merupakan hal yang mudah, banyak ilmu yang harus terus di pelajari oleh pelakunya, kesabaran, ke telatenan mutlak di miliki, sebabnya kita mengurus mahluk hidup yang memiliki kebiasan-kebiasan yang harus di pelajari, dan juga terkadang pada setiap burung akan memerlukan penanganan yang berbeda tergantung sifatnya masing-masing.

Akan tetapi jika kita menjalankan usaha ini dengan didasari dari hobi memlihara hewan, maka kesulitan itu pun tidak akan begitu berarti. Meskipun menurut kebanyakan orang hal itu sulit, kita akan dengan senang hati untuk mempelajarinya. Dengan begitu pelaku yang paling cocok menjalankan usaha ternak lovebird ini adalah orang yang memang hobi memlihara burung

Sedangkan untuk peluang berkembangnya usaha ternak lovbird ini terhitung cukup bagus, dapat kita perhatikan sekarang ini selain di pelihara sebagai penyalur hobi di rumah, mulai banyak even-even perlombaan yang di adakan di setiap daerah, baik yang hanya berskala kecil hingga kontes berskala nasional, dengan begitu akan semakin banyak diperlukan burung-burung yang berkualitas.

Maka adanya hal tersebut burung lovebird juga akan berpeluang semakin populer seperti jenis-jenis burung yang sudah di kenal sebelumnya misalnya saja seperti burung kenari, yang terkenal sudah banyak menghasilkan peternak-peternak yang sukses.

Ternak Lovebird lebih menguntungkan

Albert Einstein

BKN Bumbu Kicau Nusantara

Follow Instagram BKN News

https://www.instagram.com/bknnews.official/

Selalu Gunakan Produk Burung Bekualitas.