Tips & Cara Perawatan Ikan Cupang Yang Mudah & Baik

DAILY FISH FOOD cocok untuk semua ikan air tawar, dijamin mempercepat mutasi warna & ikan cupang lebih berstamina, sebagai pengganti KUTU AIR & JENTIK, jadi sudah dipraktiskan menjadi satu kemasan di DAILY FISH FOOD.
DAILY FISH FOOD cocok untuk semua ikan air tawar, dijamin mempercepat mutasi warna & ikan cupang lebih berstamina, sebagai pengganti KUTU AIR & JENTIK, jadi sudah dipraktiskan menjadi satu kemasan di DAILY FISH FOOD.

BKNNEWS.COM – Siapa pecinta Ikan Cupang di sini..?? hehehe… Sedikit admin bakal menjelaskan sedikit tentang ikan yang agresif & cantik ini. Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ikan cupang sering dijadikan peliharaan untuk hiasan interior. Namun, apabila salah dalam merawatnya, maka dapat menyebabkan ikan mudah mati.Ikan adu ini habitatnya berasal dari Asia Tenggara ,diantara nya di Indonesia,Thailand, Malaysia,Brunai Darussalam,Singapura & Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Nama Ilmiahnya adalah BETTA , lama hidup untuk petarung siam selama 3-5 tahun,maksimal produksi telurnya 10 – 40 butir telur,panjang sampai 7cm .

Bagi temen-temen pecinta ikan cupang yang ingin memelihara ikan cupang, sebaiknya memperhatikan cara merawat ikan cupang yang baik dan benar berikut ini.

1. Gunakan Wadah yang Benar.

Cara merawat ikan cupang yang pertama ialah memperhatikan wadah ikan. Wadah yang dapat digunakan untuk memelihara cupang bisa Anda buat menggunakan apa saja, mulai dari toples sampai aquarium. Namun, apabila Anda memilih menggunakan akuarium, sebaiknya menggunakan wadah yang berukuran 20 x 15 x 15 cm.

Ikan cupang memang dikenal dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja, akan tetapi ikan cupang jenis soliter yang kecil tidak perlu menggunakan wadah yang besar. Sehingga lebih baik menggunakan aquarium atau toples yang sesuai dengan ukuran cupang.

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik ialah dengan memperhatikan airnya. Salah satu air terbaik untuk memelihara cupang yaitu menggunakan air sumur.

Hal ini dikarenakan ikan cupang merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, sehingga dapat membuat ikan cupang merasa nyaman dan hidup lebih lama.

3. Makanan untuk Ikan Cupang

Ketika memberi makan ikan cupang, sebaiknya cukup Anda menaburkannya ke dalam akuarium. Pasalnya, ikan cupang sendiri lebih tertarik mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

Selain itu, saat Anda memberikan makanan cupang sebaiknya dilakukan secara bertahap. Namun, apabila makanan yang Anda berikan telah habis, maka berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama.

Usahakan tidak memberi makanan ikan cupang terlalu banyak. Hal ini karena makanan yang tersisa dapat mengotori dan memicu timbulnya penyakit.

Biasanya rekomendasi pakan cupang dikasi Fish Sensation DAILY FISH FOOD Ideal For Tropical Fish Who Prefer Live Foods. Produk dari PAH Pharmacy Animal Health yang diawasi langsung Dokter Hewan.

DAILY FISH FOOD

DAILY FISH FOOD

Adalah Serbuk butiran halus yang berfungsi sebagai makanan ikan air tawar untuk mempercepat mutasi warna pada ikan & sebagai pengganti kutu air/jentik.

DAILY FISH FOOD Berfungsi sebagai makanan ikan air tawar yang penuh Nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan & menaikan warna sisik ikan.

4. Rutin Membersihkan Wadah

Cara merawat ikan cupang berikutnya ialah rutin membersihkan tempat atau wadah ikan cupang. Pasalnya, wadah yang kotor dapat meningkatkan risiko kematian bagi ikan cupang.

Sehingga sebaiknya bersihkan wadah cupang sedikitnya satu kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah ikan cupang mudah mati.

5. Menjemur Ikan Cupang.

Salah satu cara merawat ikan cupang yang sering dilewatkan ialah menjemur ikan cupang. Menjemur ikan cupang juga merupakan salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan tujuan agar ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang biasa terjadi di akuarium.

Cara menjemur ikan cupang yaitu letakkan akuarium Anda di tempat dengan suhu yang stabil. Usahakan mencari suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya cara ini dilakukan secara rutin agar ikan cupang dapat bertahan hidup lebih lama.

DAILY FISH FOOD cocok untuk semua ikan air tawar, dijamin mempercepat mutasi warna & ikan cupang lebih berstamina, sebagai pengganti KUTU AIR & JENTIK, jadi sudah dipraktiskan menjadi satu kemasan di DAILY FISH FOOD.

PAH Pharmacy Animal Health

Nah.. itu sebagian admin kasih informasi buat temen-temen pecinta ikan Air Tawar salah satunya ikan cupang, semoga bermanfaat.

Subscribe Youtube BKN NEWS ya… Biar makin semangat kasih infomasi seputar dunia air

Gunakan Selalu Produk Terbaik

FISH LIQUID

Redaksi bknnews.com