Rahasia Jitu Perawatan Murai Jawara Ala Mr.Engkus, Seperti Apa?

" Air minum juga wajib kita ganti setiap hari dengan yang baru. Exotic terkadang ditenggar dengan panjang tenggaran 4 meter dan biasa dilakukan 2 hari sebelum turun lomba,” tutur Mr.Engkus.
" Air minum juga wajib kita ganti setiap hari dengan yang baru. Exotic terkadang ditenggar dengan panjang tenggaran 4 meter dan biasa dilakukan 2 hari sebelum turun lomba,” tutur Mr.Engkus.

Tangerang – ( BKNNEWS.COM ) – Di kalangan pecinta burung, murai alias Copychus Malabaricus dikenal sebagai burung yang cerdas, penampilannya menarik dengan ekor panjang melengkung, warna bulu mencolok kombinasi merah, cokelat, orange tua, putih. Kicauannya merdu, memiliki melodi dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung kontes. Ketenaran burung murai bukan hanya sekadar suaranya yang merdu, namun gaya bertarungnya juga sangat aktraktif. Murai termasuk jenis burung dengan harga yang cukup mahal hingga puluhan juta rupiah karena paling banyak dilombakan.

Murai Batu  Copychus Malabaricus

Salah satu jenis murai batu yang kerap menjadi jawara kontes adalah murai batu milik Mr.Engkus asal Rajeg kab Tangerang. Dikutip dari laman bknnews.com, lewat murai batu yang bernama Cordoba, kini nama Mr.engkus makin dikenal di dunia perburungan.

Prestasi Murai Batu Cordoba yang terbilang cukup baru , semenjak dipinang saat posisi muda hutan , hingga kini Cordoba masih menunjukan eksistensinya di kelas murai batu. Salah satu andalan yang sering dibawakan Cordoba di lapangan yaitu isian Cililin disambung lagu gereja dan tembakan cucak jenggot dengan volume keras. Fantastisnya, diakui Mr.engkus,

Lantas, Apa Sih Rahasia Perawatan Junior Yang Dilakukan Mr.Engkus?

Ternyata rahasianya terbilang simple, untuk perawatan hariannya, tiap pagi Mr.engkus kerap menjemur Cordoba sekitar pukul 08.00 selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu ia pun memberikan Cordoba jangkrik sebanyak 6 ekor dan kroto 1 cepuk full. Lalu, sekitar pukul 10.00 burung pun dipindah ke tempat teduh, dan biarkan selama 10 menit baru dikerodong. Setelah itu, sekitar pukul 16.00 burung beri jangkrik 5 ekor, dan kemudian dikerodong kembali hingga menjelang pagi.

Yang perlu diperhatikan,

kata Mr.Engkus, untuk proses mandi sendiri bisa dilakukan 2 hari sekali. Selain itu, pemasteran dilakukan setiap hari dan biasanya diberi materi master dengan burung lovebird, kenari, greja dan cucak jenggot. Yang tak kalah penting, jagalah kebersihan sangkar, tujuannya agar sangkar yang dihuni burung tidak terdapat bakteri yang dapat menimbulkan penyakit dan kematian pada burung, untuk itu sangkar wajib dibersikan setiap hari.

” Air minum juga wajib kita ganti setiap hari dengan yang baru. Exotic terkadang ditenggar dengan panjang tenggaran 4 meter dan biasa dilakukan 2 hari sebelum turun lomba,” tutur Mr.Engkus.

Selain itu, untuk perawatan lomba, dikatakan Mr.Engkus, H-3 rawatan tetap sama seperti hari biasa, namun burung wajib diisolasi. Saat H-2, extra fooding jangkrik di suntik sekitar kurang lebih 10ml dengan vitamin BKN BUMBU KICAU MANIA yaitu Vitamin Dr-Bird dinaikkan menjadi pagi 8 ekor dan sore 5 ekor jangkrik dan tanpa mandi full kerodong.

H-1 jangkrik dinaikkan lagi menjadi 10 ekor pagi dan kroto full cepuk kemudian 5 ekor di sore hari. Dan saat hari H, sebelum berangkat ke lapangan, burung sebaiknya dimandikan dan diberi jangkrik 7 ekor, ulat hongkong 5 ekor, lalu dikerodong dan siap menuju lapangan, Semua jangkring yang diberikan sebelum lomba pasti selalu saya suntik vitamin DR-Bird ” beber Engkus.

Vitamin Dr-Bird BUMBU KICAU NUSANTARA

Tugas pemain/perawat adalah MENGAMATI/MENCERMATI lalu MENYIMPULKAN perawatan yang TEPAT

Bumbu Kicau Nusantara

Subscribe Channel Youtube BKN NEWS

Gunakan Selalu Produk Burung Terbaik!

Redaksi BKN News